Kamis, 08 November 2012

Menghilangkan Bekas Jerawat


Menghilangkan Bekas Jerawat


Buat para perempuan nih jerawat kadang membuat kita merasa minder dan tidak nyaman dengan keadaan kita. Tetapi wajarlah karena setiap saat setiap generasi pasti mengalami masalah jerawat. Jerawat  terjadi karena tersumbatnya pori-pori kulit oleh sel kulit mati yang menghambat aliran minyak, sehingga terjadi ketidak normalan kulit, yang akhirnya tumbuh jerawat. Jerawat tidak terjadi di wajah saja loh tapi terkadang muncul dibagian dada ataupun punggung kita.

Faktor-faktor yang menimbulkan jerawat:

1.      Yang paling sering menimbulkan jerawat yaitu saat kita mengalami strees atau terlalu banyak pikiran.
2.      Adanya iritasi kulit.
3.      Faktor hormanal yaitu saat anak menginjak dewasa (puber)
4.      Faktor keturunan.
5.      Produksi minyak oleh kelenjar minyak yang berlebihan.
6.      Adanya sumbatan lapisan kulit mati pada pori-pori yang terinfeksi.
7.      Gejala horman, biasanya hari-hari sebelum menstruasi.
8.      Pengunaan kosmetik yang tidak cocok pada kulit wajah kita.
9.      Air yang tidak bersih.
10.  Membuat kulit kita kering dengan menghilangkan minyak.
11.  Sarung bantal yang kotor.
12.  Poni dan perawatan rambut.
13.  Telepon seluler atau Handphone pun dapat menyebabkan jerawat, hilangi kebiasaan membawa Handphone pada saat kita ke toilet dan pada saat makan. Karena kuman akan menempel diwajah kita pada saat kita menerima telepon.
14.  Malas mandi saat kita selesai beraktifitas.
Sebaiknya apabila kita tidak ingin jerawat muncul pada wajah kita ataupun pada tubuh kita, kita segera menghindari faktor-faktor yang timbul pada wajah kita. Saat jerawat kita hilaang pasti timbul bekas jerawat ataupun flek hitam. Ini beberapa cara untuk menghilangkan jerawat tetapi sebelumnya akan dibahas type-type jerawat.

Type-type jerawat:

-Tipe Jerawat Komedo

Jerawat komedo timbul karena pori-pori wajah tersumbat. Pori-pori ada yang tebuka disebut whitehead dan yang tertutup disebut blackhead. Komedo whitehead memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga hanya terlihat seperti tonjolan putih kecil-kecil di bawah kulit. Sementara pada komedo blackhead, pori-pori yang tersumbat membesar, menghitam, dan berubah warna karena teroksidasi oleh udara.
Cara menghindarinya
Cuci wajah dengan scrub cream atau memakai sabun yang mengandung asam salisilat (salicylic acid) atau yang mengandung AHA/BHA secara teratur. Nah, rajin-rajinlah memperhatikan ingredients sabun yang akan kamu beli.

-Tipe jerawat biasa

Jerawat biasa dikenali apabila muncul tonjolan-tonjolan kecil kemerahan atau berwarna pink di wajah. Tonjolan-tonjolan tersebut ada karena pori-pori wajah terinfeksi oleh bakteri. Bakteri ini dapat berasal dari permukaan kulit, kuas make up, jari tangan atau pesawat telpon.
Cara menghilangkan bakteri penyebab jerawat
Dapat menggunakan sabun muka yang mengandung benzoyl-peroxida atau sabun sulfur. Sekali dalam seminggu gunakan masker antibakteri atau antiacne.
-Tipe Jerawat Batu
Jerawat batu, atau dalam bahasa ilmiahnya cystic-acne, merupakan jerawat dengan tonjolan-tonjolan besar yang meradang dan berkumpul hampir di seluruh bagian wajah. Tipe ini merupakan jerawat yang paling merusak karena ia dapat memperburuk keadaan wajah. Orang yan menderita jerawat batu biasanya memiliki kelenjar minyak yang terlampau aktif. Kelenjar-kelenjar tersebut membanjiri pori-pori sehingga pertumbuhan sel-sel kulit menjadi tidak normal. Jika sudah begini, maka kulit memiliki respon yang berlebihan terhadap peradangan sehingga dapat meninggalkan bekas di kulit.
Jerawat batu tidak akan mampu ditangani oleh obat-obat jerawat yang dijual bebas di pasaran. Solusi terbaik adalah meminta nasihat dokter spesialis kulit yang kemungkinan besar akan memberikan resep antibiotik yang cocok.

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami:

Cara Menghilangkan bekas jerawat dengan madu

Siapkan madu secukupnya kemudian usapkan ke bagian wajah tempat bekas jerawat. Diamkan beberapa saat sambil di pijat dengan lembut. Setelah itu basuh muda dengan air bersih. Ingat, gunakan madu asli jangan madu tiruan.

Menghilangkan bekas jerawat dengan labu

Sayur Labu memiliki khasiat untuk melembutkan dan mencegah datangnya penuaan dini. Tak hanya itu saja. Buah ini juga kaya akan asam lemak baik, serta protein yang dibutuhkan kulit. Labu banyak mengandung vitamin E, zinc, dan magnesium yang berfungsi untuk membuat kulit lebih bersinar. Makan labu sesering mungkin juga bisa mendorong regenerasi sel kulit dan melawan bakteri penyebab jerawat. Zinc yang terkandung dalam labu juga merupakan obat mujarab bagi mereka yang memiliki masalah dengan jerawat. Selain itu, protein di dalamnya bisa membantu regenerasi sel.

Menghilangkan bekas jerawat dengan Lidah buaya

Cara ini sangat efektif dan alami karena lidah buaya dianggap sebagai pembersih wajah terbaik. Tanaman ini dapat membantu Anda menghilangkan jerawat dan mengecilkan pori-pori wajah. Caranya gampang sekali,  satu batang lidah buaya dan rebuslah air mendidih. Haluskan hingga menjadi pasta dan tambahkan madu. Aduk madu hingga larut dalam air panas, kemudian oleskan wajah terutama pada kulit yang berjerawat. Biarkan hingga kering atau sekira 15 menit, bilas dengan handuk halus lembut dan menggunakan air dingin.

Menghilangkan bekas jerawat dengan putih telur

Caranya dengan mencampur putih telur dengan madu. Setelah benar-benar rata usapkan ke bekas jerawat.  Tunggu sampai 15 menit lalu basuh dengan air hangat.

Menghilangkan Bekas jerawat dengan ampas teh

Ampas yang dipergunakan adalah ampas teh tabur (ampas teh tubruk), bukan ampas teh celup. Tempelkan ampas teh  ke bekas jerawat. Jangan memencet nya tapi oleskan dengan perlahan selama 3 menit. Kemudian bilas dengan air hangat lakukan setiap hari untuk hasil maksimal.

Menghilangkan bekas jerawat dengan Minyak Zaitun

Pijatlah dengan lembut wajah Anda dengan minyak jerawat terutama di bagian yang terdapat noda jerawat. Pakailah secara teratur supaya manjur, karena selain bisa menghilangkan bekas jerawat juga bisa mengempeskan bengkak bekas jerawat. minimal sehari satu kali atau menjelang tidur, lalu bilas dengan air hangat.

Wajah cantik dan bersih serta mulus siapa yang gak mau. Selamat mencoba J

5 komentar:

  1. Balasan
    1. iyaahh semangat yah semoga jerawatnya cepet hilang. doakan jerawatku juga cepet hilang :D

      Hapus
  2. aku pengen ilang , tp gmn ?? gak ampuh tuh caramu

    BalasHapus
  3. klo tips mnghilngkn patah hati gmn? :D

    BalasHapus